as
as

Verfak Balon DPD RI Sanusi Rahaningmas Optimis Sudah Capai Diatas 50 Persen

WhatsApp Image 2023 02 28 at 21.20.02
Tim verifikasi faktual melakukan verifikasi data kepada salah satu pendukungan M,Sanusi Rahaningmas melalui sambungan Video Call, Selasa (28/2/2023).(Foto : KENN)

Koreri.com, Sorong – Tahapan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) daerah pemilihan Papua Barat Daya mulai dari 16 Februari sampai 8 Maret 2023.

KPU Kabupaten/ Kota bersama perangkatnya dan diawasi jajaran Bawaslu melakukan verifikasi faktual sesuai dengan sampel nama yang sudah ditentukan.

as

Bakal calon anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Papua Barat Daya periode 2024-2029 M.Sanusi Rahaningmas,S.Sos.,M.M.Sip optimis akan lolos dalam tahapan verifikasi faktual dengan jumlah dukungan sampel yang ditentukan KPU PBD.

Dalam keterangan persnya kepada awak media di kediamannya, Kompleks Melati Raya, Distirk Manoi, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Rahaningmas mengatakan hasil verifikasi faktual sampel secara keseluruhan di 5 Kabupaten dan 1 kota sudah mencapai diatas 50 persen.

WhatsApp Image 2023 02 28 at 21.20.34

“Jadi target verifikasi faktual dari setiap Kabupaten dan Kota di Papua Barat Daya kita sudah mencapai 50 persen,” ucap anggota DPD RI periode 2019-2024 dapil Papua Barat itu saat ditemui awak media di kediamannya, Selasa (28/2/2023).

Untuk memudahkan verifikasi faktual dari KPU dan Bawaslu, tim MSR mengumpulkan nama-nama pendukung yang diverifikasi datanya di satu tempat yang sudah ditentukan kemudian didatangi pihak penyelenggara pemilu untuk diinterview secara langsung.

Kalau di Kota Sorong para pendukungnya dikumpulkan di kediaman balon anggota DPD RI kemudian tim KPU dan Bawaslu mendatangi untuk melaksanakan tugas mereka, pantauan media ini proses verifikasi faktual berjalan lancar.

WhatsApp Image 2023 02 28 at 21.20.21

Jika para pendukungan yang namanya ada dalam daftar sampel berhalangan hadir maka bisa dilakukan verifikasi melalui video call untuk memastikan dukungan mereka palsu atau tidak.

“Target saya minimal kita bantu KPU dan Bawaslu itu diatas 50 persen, sisanya nanti tim penyelenggara yang cari atau nanti kita sama-sama cari solusi,” ujarnya.

Jumlah dukungan yang masuk dalam daftar sampel untuk diverifikasi faktual 826 orang yang tersebar di Kota Sorong, Kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan, Maybrat, Tambrauw, dan Sorong.

KENN

as