as
as

PMI Kota Jayapura Gandeng Stakeholder Siapkan Stok Darah

WhatsApp Image 2023 05 26 at 07.05.27
Ketua PMI Kota Jayapura, Rustan Saru / Foto: SAV

Koreri.com, Jayapura – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura gandeng sejumlah stakeholder menggelar kerjasama dalam rangka penyelenggaraan sosialisasi dan donor darah.

Ketua PMI Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan sosialisasi pentingnya donor darah akan dilakukan di sejumlah stakeholder baik dari kalangan perguruan tinggi, SMP, SMA, organisasi keagamaan, BUMB, BUMD.

as

Menurutnya, Give Blood Save Life” slogan PMI yang artinya setetes darah yang diberikan menyelamatkan kehidupan seseorang sebagai upaya untuk menarik minat masyarakat agar bersedia mendonorkan darahnya.

“Nantinya, PMI secara rutin untuk melakukan donor darah pada stakeholder yang sudah dilakukan kerja sama. Ini sangat penting, sebab ketersediaan kantong darah selalu berkurang,” kata Ketua PMI Kota Jayapura, Rustan Saru, di Hotel Grand Tabi, Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/5/2023).

Untuk itu, sosialisasi PMI dan MoU tersebut guna memberikan pemahaman terhadap tugas-tugas PMI dan donor darah karena betapa pentingnya ketersediaan darah terutama bagi yang membutuhkan.

“PMI selama ini masih kekurangan darah. Banyak sumber, tapi stoknya terbatas karena sebagian masyarakat yang belum rela dan ikhlas untuk melakukan donor, maka itu diberikan sosialisasi kepada stakeholder untuk terlibat untuk membantu sesama terutama yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Jayapura periode 2017-2022 berharap, melalui sosialiasi dan penandatanganan kerja sama tersebut ketersediaan darah di PMI selalu tercukupi, sehingga masyarakat tidak kebingungan lagi bila membutuhkan darah.

“Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah khususnya PMK yang digunakan untuk keperluan transfusi darah,” pungkasnya.

SAV

as