as
as

Bupati Kasihiw Bangga Prestasi Kampung Banjar Ausoy di Tingkat Nasional

IMG 20230809 WA0229
Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,M.T didampingi sejumlah pimpinan OPD, Kepala kampung Banjar Ausoy Sudirman dan dewan juri di arena lomba desa, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Jakarta– Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri menggelar lomba desa tingkat nasional tahun 2023 dalam rangka memperingati dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Acara lomba desa tingkat nasional ini berlangsung di KM 19 Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023) dan menjadi sorotan ketika kepala kampung Banjar Ausoy, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Sudirman mengesankan dewan juri dengan presentasinya yang luar biasa.

as

Pada panggung nasional ini, kepala kampung Banjar Ausoy berhasil mengganggu konsentrasi dan perhatian sehingga menimbulkan apresiasi dewan juri. Pendamping dari berbagai instansi, termasuk staf ahli bidang pemerintahan yang mewakili Penjabat Gubernur Papua Barat, Bupati, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Kampung Kabupaten Teluk Bintuni, juga mendapat pengakuan atas kualitas presentasi yang luar biasanya..

Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,M.T dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi kampung Banjar Ausoy yang berhasil mendapatkan pengakuan di tingkat nasional.

Kasihiw juga menyampaikan apresiasi kepada dewan juri atas penilaian positif terhadap kampung tersebut, semuanya ini tidak terlepas dari kepemimpinan Sudirman sebagai sosok yang lebih mengutamakan tindakan daripada kata-kata, membawa perkembangan yang signifikan bagi kampung tersebut.

Penegasan Bupati bahwa dukungan penuh pemerintah terhadap kampung Banjar Ausoy sehingga kampung tersebut sebagai contoh dalam hal kerukunan beragama serta upaya menciptakan kemandirian dan lumbung pangan.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengumumkan bahwa pada bulan Oktober 2023, Kabupaten Teluk Bintuni akan menyelenggarakan Festival Mangrove. Tidak hanya itu, pendidikan dan layanan kesehatan di Teluk Bintuni telah disediakan oleh Pemerintah setempat kepada masyarakat secara gratis.

“Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni juga memberikan pelatihan kepada anak-anak daerah tersebut untuk terlibat dalam proyek-proyek migas dan lainnya melalui P2TIM, yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam mengembangkan potensi masyarakat,” kata Bupati Kasihiw.

Orang nomor satu di Kabupaten Teluk Bintuni itu berharap pemerintah Provinsi Papua Barat meraih juara satu dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Nasional. Sehubungan dengan hal ini, telah ditetapkan 3 desa dan 3 kelurahan di setiap regional yang akan mengikuti tahapan pemaparan Calon Juara Penjaringan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023. Desa dan Kelurahan yang berhasil lolos ke tahap ini akan memaparkan perkembangan dan kemajuan di hadapan Tim Penilai di Jakarta pada tanggal 8 sampai dengan 11 Agustus 2023.

Untuk diketahui, acara pemaparan calon juara akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai di Ruang Rapat Paramananda Lantai 4 Gedung C Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Jl. Raya Pasar Minggu Km. 19 Jakarta Selatan. Peserta pemaparan terdiri dari 6 orang, termasuk Kepala Desa atau Lurah, Ketua Tim Penggerak PKK, BPD/LPM, Camat dari lokasi Desa/Kelurahan calon juara, serta pendamping Kabupaten/Kota dan pendamping Provinsi.

Kisah sukses kampung Banjar Ausoy dan semangat kompetisi ini mencerminkan dedikasi pemerintah dalam memajukan masyarakat dan memberikan pengakuan kepada upaya berprestasi.

KENN

as