as
as

IKA SKMA Pengda Maluku Gelar Musda IV, Evaluasi Hingga Pilih Ketua Baru

IMG 20231001 WA0001

Koreri.com, Ambon – Musyawarah Daerah (Musda) IV Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) Pengurus Daerah (Pengda) Maluku resmi digelar, di The Natsepa Hotel, Sabtu (30/9/2023).

Tema yang diusung “Dengan Semangat Jiwa Korsa, SKMA Bisa SKMA Hebat”.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena resmi membuka kegiatan Musda yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Ketua Pengurus Pusat IKA SKMA Hengki Tomatala dalam sambutannya menjelaskan Musda ini merupakan langkah maju bagi pengembangan organisasi untuk melaksanakan program kerja ke depan yang lebih baik.

Dengan begitu, diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat yang besar bagi anggota organisasi khususnya dan pembangunan kehutanan di daerah Maluku.

“Selanjutnya sebagai mitra unit pelaksana teknis kehutanan di daerah, ini merupakan kegiatan kita secara berkelanjutan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih dalam membangun kehutanan ke depan,” harapnya.

Selain itu, IKA SKMA harus mampu bergandengan tangan menciptakan iklim usaha bidang kehutanan yang baik, dan sehat dengan selalu memperhatikan keseimbangan ekosistem hutan yang lestari, dan berkelanjutan serta berpegang teguh kepada aturan pengembangan yang berlaku.

Sebagai organisasi profesi di lingkungan Kementerian Kehutanan, IKA SKMA diharapkan mampu mendorong anggota-anggotanya untuk terus meningkatkan kapasitas diri, melalui pendidikan yang lebih tinggi.

Karena faktanya, makin sulit saat ini mendapatkan informasi kepegawaian dengan tingkat pendidikan selevel SLTA terutama di daerah.

“Lulusan kita itu per tahun untuk wilayah Maluku dan Papua itu ada kurang lebih 80 orang tapi penyerapannya di daerah itu saat ini tidak ada informasinya. Harapan kami sebagai pengurus pusat mungkin kedepannya ada informasi-informasi khusus untuk adik-adik kita,” harapnya.

“Para lulusan ini merupakan tenaga-tenaga teknis yang siap pakai di lapangan seperti informasi juga dan antar sesama kerimbawan, khususnya di daerah Maluku yang kita cintai ini,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Marthin Sipahelut dalam laporannya menyebutkan Musda yang digelar 5 tahun sekali ini dalam rangka pemilihan Ketua Pengda IKA SKMA sekaligus mengevaluasi kegiatan kepengurusan yang lama.

Bagi para lulusan IKA SKMA dan SMK Kehutanan di seluruh Indonesia dengan jumlah pengurus daerah saat ini adalah sebanyak 36 Pengda di seluruh Indonesia yang membawahi masing-masing provinsi.

Untuk saat ini terdapat 4 SMK kehutanan yang berada di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu SMK kehutanan Pekanbaru, Samarinda, Makassar dan Manokwari.

Para lulusan IKA SKMA atau SMK kehutanan merupakan lulusan tenaga teknis untuk siap bekerja dan mendukung program pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Alumni SKMA yang tersebar di Pengda Maluku semuanya 178 orang dengan berbagai profesi diantaranya sebagai aparatur sipil negara, TNI, Polri, honorer yang sedang berkuliah dan bahkan belum bekerja.

JFL

as