as
as

Pesawat Caravan Dabi Air Tergelincir di Bandara Ilaga

TQNI0658

Koreri.com, Jayapura – Pesawat jenis Caravan milik maskapai Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT dengan Pilot Capt Judha A dan Dendi Anugerah (Co Pilot) tergelincir di Bandara Aminggaru Ilaga Kabupaten Puncak, Senin (11/03) sekitar 07.51 WIT.

Peristiwa itu terjadi saat pesawat yang mengangkut barang logistik milik Idon (agen pesawat Alda Air) melakukan perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju Bandara Aminggaru Ilaga Distrik Omukia, Kabupaten Puncak.

“Jadi, pesawat mengalami over runway yang disebabkan oleh rem pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT tidak berfungsi dan kondisi bandara licin/ basah sehingga pesawat mengalami over runway dan menabrak tumpukan batu di ujung runway, pesawat mengalami rusak pada landing gear, propeler atau baling-baling depan,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhamad Aidi dalam rilis yang diterima media ini, Senin (11/03).

Menurut Aidi, aparat keamanan gabungan TNI-Polri yang terdiri dari anggota Koramil 1714-03 Ilaga, personel Paskhas TNI AU dan Polres Ilaga di pimpin Danramil Mayor Inf Jalu bersama masyarakat membantu melaksanakan evakuasi dan pengamanan Bandara.

“Pilot Capt Jundha A dan Dendi Anugerah (Co Pilot) berhasil keluar dari pesawat dengan selamat,” ujarnya.

Selanjutnya, Pilot dan Co Pilot di bawa ke tower bandara untuk dimintai keterangan oleh pihak perhubungan terkait Over Runway pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT.

“Setelah dimintai keterangan oleh pihak perhubungan udara, Capt Jundha A dan Anugerah Dendi Anugerah kembali ke Timika menggunakan Pesawat Dabi Air PK-DPW,” katanya.

Sementara barang Logistik/ Bamak (1270 Kg) milik Idon dikeluarkan dari pesawat dan di bawa menuju gudang bandara untuk di periksa.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan pesawat ini.

“Saat ini situasi di bandara dan kota Ilaga secara umum dalam keadaan kondusif, namun aparat keamanan masih berjaga-jaga memantau perkembangan situasi,” kata Kapendam.

VDM

as