as
as

Polda Papua Bantu RSUD Dok II Jayapura 123 Tabung Oksigen

WhatsApp Image 2021 07 20 at 19.20.451
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri bincang - bincang dengan Irwasda Kombes Pol. Alfred Papare, S.IK bersama Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule di RSUD Dok II Jayapura, Selasa (20/7/2021) / Foto: Humas Polda Papua

Koreri.com, Jayapura – Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri melakukan peninjauan di RSUD Dok II Jayapura untuk melihat secara langsung bagaimana penanganan pasien positif Covid-19 yang terus meningkat di Kota Jayapura.

Turut hadir Irwasda Polda Papua, Kombespol Alfred Papare, S.IK didampingi Pejabat Utama Polda Papua dan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule.

“Jadi, kedatangan kami juga untuk mengetahui kesulitan dan kendala apa yang dimiliki RSUD Dok II Kota Jayapura dalam menangani pasien Covid-19,” kata Kapolda Irjen Pol. Mathius Fakhiri usai melakukan peninjauan di RSUD Dok II Jayapura, Selasa (20/7/2021) siang.

“Terkait masalah tabung oksigen, kami Polda Papua akan membackup sementara tabung yang kosong, total sebanyak 123 tabung oksigen dari RS Bhayangkara,” kata Kapolda.

Diharapkan dengan diberikannya bantuan ini dapat bermanfaat bagi RSUD Dok II Kota Jayapura untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien Covid-19 dan mudah-mudahan tren pasien Covid-19 yang tinggi di Papua ini bisa segera turun, bahkan tidak ada lagi masyarakat yang terjangkit virus Covid-19.

Sementara itu, Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, mengatakan ketersediaan oksigen di RSUD Dok II Kota Jayapura saat ini sudah habis. “Tadi pagi stok kami ada 20 tabung oksigen. Namun karena kebutuhan untuk pasien yang sangat tinggi, sehingga 20 tabung tersebut habis dengan sangat cepat,” kata doker Silwanus.

Saat ini, kata Sumule, yang paling dibutuhkan adalah tabung oksigen, untuk ketersediaan BOR masih bisa kami kendalikan, dimana rencana ruang pasien jantung akan kami alihfungsikan untuk pasien Covid-19.

“Tentunya kami berharap pasien penyakit jantung bisa menurun karena jika meningkat kami bingung untuk tempatkan dimana lagi,” jelasnya.

Nanti pada bulan Agustus 2021, kata Jubir Satgas, RSUD Jayapura sudah bisa produksi Oksigen sendiri dengan kekuatan produksi tiap hari bisa 300 tabung oksigen. “Ya, saat ini peralatan untuk pembuatan oksigen masih dalam proses pengiriman ke Papua,” pungkas Silwanus.

VER

as