as
as
Fokus  

Pencanangan BIAN Cegah PD3I di Kabupaten Manokwari

IMG 20220518 WA0000
Wakil Bupati Manokwari Drs Edy Budoyo meneteskan cairan polio kepada anak di Posyandu Kasuari Basarnas Manokwari, Rabu (18/5/2022).(Foto : KENN)

Koreri.com,Manokwari– Untuk mencegah penyakit dengan imunisasi, Pemerintah mencanangkan Bulan Imunisasi anak nasional (BIAN). di Kabupaten Manokwari.

Bulan Imunisasi Anak Nasional ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Manokwari Drs Edy Budoyo dengan meneteskan cairan polio kepada anak-anak di Posyandu Kasuari Basarnas Manokwari, Rabu (18/5/2022).

Wakil Bupati Edy Budoyo dalam sambutannya mengatakan, imunisasi adalah salah satu inovasi yang melindungi kesehatan diri sendiri, keluarga dan juga orang disekitar.

Tak dipungkiri juga bahwa anak-anak tumbuh kembang sehat dan lebih terlindungi dari beragam penyakit yang dapat mematikan merupakan berkat imunisasi.

Namun dalam masa pandemi COVID-19 pelaksanaan imunisasi rutin pada anak-anak tidak berjalan optimal sehingga terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) secara maksimal, penurunan ini sangat beresiko terjadinya kejadian luar biasa.

“Di Kabupaten Manokwari terdapat 1 kasus positif campak, sehingga hal ini menjadi alaram kewaspadaan bagi kita semua untuk memastikan anak-anak di lingkungan kita terlindungi dari penularan penyakit berbahaya melalui pemberian imunisasi lengkap,” ungkap Edy Budoyo.

Dikatakan Wakil Bupati bahwa pemerintah berupaya memulihkan cakupan yang hilang akibat gangguan imunisasi terkait COVID-19 dengan pencangan program BIAN.

Kegiatan pencanangan bulan Imunisasi anak nasional berlangsung dari Mei hingga Juni 2022, pelayanan diberikan pada seluruh seluruh fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Posyandu, PAUD, TK/RA dan SD/MI.

Wabup berharap kepada orang tua yang punya anak usia 9 bulan sampai kurang 12 tahun membawa ke posyandu untuk imunisasi lengkap. Mendapat imunisasi campak rubella di Sekolah.

“Jadi vaksin yang digunakan aman dan telah disuntikkan sejak dulu terbukti dan mampu memberikan kekebalan terhadap anak dalam mencegah penyakit seperti Difteri, tetanus, campak, rubella dan polio,” pungkasnya.

Hadir dari pencanangan BIAN ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari, Kepala Basarnas, Kadis Kesehatan serta sejumlah pejabat lainnya.

KENN

as