as
as

Didampingi Widya Pratiwi, Ketum TP PKK Pusat Salurkan Sejumlah Bantuan

IMG 20221111 WA0006

Koreri.com, Ambon – Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian menyalurkan sejumlah bantuan ketika melakukan kunjungan kerjanya di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Kamis (10/10/2022).
Penyerahan bantuan dipusatkan di tribun lapangan Merdeka Kota Ambon.

Istri Mendagri Tito Karnavian itu didampingi Ketua TP PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail saat menyerahkan bantuan paket sembako yang diperuntukan kepada lansia, balita, ibu hamil, serta penyandang disabilitas.

Kemudian, bantuan peralatan UKS kepada para siswa serta mesin pemanfaatan sabut kelapa kepada penerima manfaat dan bantuan Obgyn Bed.

Tak hanya itu, Ketum juga meyerahkan dokumen administrasi kependudukan yang diterima secara simbolis oleh Fatimah Madilis, Christinus dan Diandra, penyerahan buku nikah, kartu keluarga, akte kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP-el pemula dan bantuan secara simbolis rompi kader PKK muda.

Pada kesempatan itu, Tri Suswati berkesempatan meninjau stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Stand usaha milik Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, KKT, Buru Selatan, SBT, Buru, Kota Ambon, Kota Tual, Maluku Tengah, SBB dan Kepulauan Aru itu, menjajakan produk khas daerah masing-masing.

Saat memberikan sambutannya, Tri Suswati mengatakan kunjungan kerja ke Maluku merupakan kewajiban. Meskipun terletak di Timur Indonesia, Maluku tetap menjadi perhatian.

Mengingat, kader TP-PKK yang ada di Maluku adalah kader pembangunan yang bekerjasama dengan pemerintah saat melaksanakan program kerja.

“Kehadiran kami disini tak lain adalah ingin berbagi dengan masyarakat yang ada di Maluku.

Dan yang terpenting kami mengharapkan bantuan ini memberikan motivasi kepada kepengurusan PKK dimanapun berada untuk memberikan atensi kepada masyarakat rentan yang menjadi target dalam penerima manfaat dari program ini,” harapnya.

Untuk itu, Tri Suswati berharap jajaran TP – PKK kabupaten/kota yang hadir, untuk selalu memprioritaskan kebutuhan dasar masyarakat.

Menurutnya, TP PKK memiliki peran penting dalam memberikan edukasi dan motivasi dalam setiap kegiatannya demi menciptakan keluarga yang sehat di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itulah peran PKK di setiap Pokja harus lebih dimantapkan lagi.

“Sebenarnya program kerja itu tidak usah muluk-muluk. Cukup memprioritaskan kebutuhan masyarakat setempat yang sejalan dengan program kerja pemerintah daerah. Dengan begitu akan sinkron nanti kerjasamanya,” pungkas Tri Suswati.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad mengucapkan selamat datang kepada Ketum TP PKK Ny Tri Tito Karnavian dan rombongan.

Isteri Gubernur Maluku ini mengapresiasi TP-PKK Pusat yang memilih provinsi Maluku sebagai tempat kunjungan kerja sekaligus meninjau langsung program kegiatan TP-PKK Maluku dan menyerahkan beberapa paket bantuan kepada masyarakat Kota Ambon.

“Sebagai daerah kepulauan, memungkinkan Maluku kaya sumber daya alam laut, juga kaya pangan lokal seperti sagu dan umbi-umbian. Maluku juga terkenal sebagai provinsi penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala yang berkualitas tinggi,” kata Widya.

Ia berujar, sebagai mitra Pemerintah daerah, TP-PKK Maluku ikut mendukung berbagai program pembangunan seperti menurunkan prevalensi Stunting / angka kematian ibu dan anak melalui revitalisasi Posyandu dan memerangi Buta Aksara lewat Literasi Anak Usia Sekolah.

“Berbagai kegiatan inovatif juga dilakukan TP-PKK kabupaten/kota seperti melakukan revitalisasi kelompok dasawisma, bursa inovasi desa yang melalui perubahan di desa lewat PKK dan berbagai inovasi lainnya,” ujar Widya.

Namun demikian, pihaknya tetap berharap akan arahan dari TP-PKK pusat. Mengingat, kedepan akan semakin berat tantangan karena adanya tuntutan era globalisasi dan persaingan yang semakin kompetitif. Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, mengharuskan kader TP-PKK untuk meningkatkan kontrol pada anak-anak dan keluarga agar ancaman “Salah pergaulan” dapat diantisipasi.

“Kondisi wilayah dan geografis Maluku membutuhkan kerja keras dan cerdas, sehingga pelayanan PKK dapat dirasakan hingga ke pelosok negeri. Kami yakin, TP-PKK provinsi dan kabupaten/kota tidak berjuang sendiri. Kedatangan TP-PKK pusat, menjadikan penyemangat dan motivasi untuk terus bekerja dan bermitra dengan berbagai komponen masyarakat lainnya, sehingga mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan keluarga di Provinsi Maluku,” tutup Widya.

Di tempat yang sama, Penjabat Sekretaris Daerah Maluku Sadli Ie berharap, kunjungan kerja TP-PKK pusat ke Maluku bisa mempererat kerjasama perihal program pembangunan pemerintah daerah, dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Mari kita bekerjasama, melakukan upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat khususnya peran perempuan melalui implementasi 10 program pokok PKK bagi kepentingan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” kata Sekda.

Usai peninjauan, Ny. Tri Tito Karnavian didampingi Ny. Widya Pratiwi Murad dan rombongan beranjak menuju Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku untuk penyerahan peralatan sekolah dan buku cerita anak dari Ketum TP-PKK pusat kepada anak-anak sekolah.

Kunjungan kerja hari ini, kemudian diakhiri dengan peninjauan stand produk UMKM di Kantor Dekranasda Provinsi Maluku. Stand ini memajang pakaian khas daerah, kain tenun, cemilan dan sejumlah pernak-pernik dari kabupaten/kota se-Maluku.

BKL

as

as