as




as

Gubernur Berharap Pengelolaan Zakat di Maluku Terus Ditingkatkan

Koreri.com, Ambon – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Maluku memperingati HUT ke 22 di Kantor TP-PKK setempat, Selasa (24/1/2023).

Pada HUT tersebut, Gubernur Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sadali Ie mengatakan zakat merupakan salah satu ibadah pokok kaum Muslimin yang mampu untuk mensucikan diri dan harta atas karunia yang diberikan Tuhan.

Zakat juga memiliki dimensi horizontal yang berfungsi sebagai media untuk membangun rasa solidaritas sosial terhadap sesama, khususnya kaum Mustadafin (kaum yang lemah atau dilemahkan) di dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan SDM, pemberdayaan ekonomi serta berbagai permasalahan sosial lainnya.

“Saya menghimbau kepada BAZNAS Provinsi Maluku agar menjaga amanah menyalurkan zakat dengan baik, serta sistem pengelolaan dan pengumpulan zakat kedepan terus ditingkatkan,” himbau Gubernur.

Mengatasnamakan masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, Gubernur pun menyampaikan selamat atas peringatan HUT ke 22 kepada segenap pengurus BAZNAS yang telah menunjukkan dedikasi dan kepedulian terhadap pengelolaan zakat bagi masyarakat di daerah ini.

“Selaku kepala daerah, saya menyambut positif kegiatan ini sekaligus menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BAZNAS yang terus bekerja untuk membangun kesadaran masyarakat muslim di Maluku, untuk memenuhi salah satu kewajibannya sebagai muslim dalam menunaikan zakat maupun berinfak dan bersedekah,” ujar Gubernur.

Selaku kepala daerah , dirinya berharap BAZNAS akan melakukan terobosan baru sesuai perkembangan teknologi dalam hal penyaluran zakat, infaq dan sedekah agar sesuai ketentuan syariat serta peraturan dan Undang-undang yang berlaku.

“Saya mengingatkan kepada semua pihak terutama para pejabat daerah di semua tingkatan dan semua ASN di lingkup pemerintah provinsi Maluku beserta perusahaan yang ada di Maluku, untuk bersama-sama menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS sebagai wujud kepedulian terhadap sesama,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP – PKK Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad berharap BAZNAS Maluku dapat meningkatkan penyerapan zakat dari berbagai sektor pemerintahan maupun swasta untuk melahirkan program penyaluran yang dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal ini mengingat besar sekali potensi yang dapat dirasakan masyarakat jika dana zakat yang dikelola BAZNAS Maluku disalurkan dengan baik.

Dampaknya tidak hanya pada Kesejahteraan ekonomi keluarga melainkan juga ada pada sektor pendidikan dan kesehatan.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada BAZNAS provinsi Maluku, yang telah berkolaborasi dengan TP-PKK provinsi Maluku dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Maluku melalui program bantuan modal usaha bagi usaha rumah tangga (Usaha mikro),” harap Widya.

Sedangkan Plt. Ketua BAZNAS Maluku Arsal Tuasikal berharap, Pemda untuk terus mendukung upaya penguatan kelembagaan dan tata Zakat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Hal tersebut dilakukan guna mengoptimalkan pengumpulan serta penyaluran ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) menjadi lebih baik. Dengan begitu, kinerja penyaluran zakat oleh BAZNAS dapat meningkat serta pengumpulan zakat bisa lebih maksimal.

“Kami berharap, pemerintah selalu mendukung berbagai kebijakan, termasuk zakat yang berfungsi sebagai pengurang penghasilan kena pajak. Kami berharap potensi ini dapat terus digarap, ditingkatkan, serta mampu meningkatkan pengumpulan zakat yang dilakukan BAZNAS,” harapnya.

Di kesempatan ini, Sekda Sadali dan Ketua TP-PKK Ny. Widya Pratiwi Murad mewakili BAZNAS Maluku berbagi kasih dengan membayar Iuran BPJS Kesehatan kepada 60 Penyuluh Agama Non PNS se-Pulau Ambon, pengisian BBM Gratis kepada Ojol Perempuan se-Pulau Ambon dan bantuan UMKM Z-Mart.

Peringatan HUT ke-22 BAZNAS Maluku dihadiri Kadis Koperasi dan UMKM M. Nasir Kilkoda, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Maluku Ny. Nita Sadali dan undangan lainnya.

BKL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *