as
as

Polresta Buka Pelayanan SIM, SKCK, SBKN dan SPKT di MPP Kota Jayapura

WhatsApp Image 2023 05 19 at 20.19.35
Polresta Jayapura buka 4 Layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Jayapura, Terminal Tipe A Entrop, Kota Jayapura, Papua, Jumat (19/5/2023) / Foto: Humas Polresta

Koreri.com, Jayapura – Kepolisian Resor Jayapura Kota menyediakan pelayanan kepada masyarakat berupa Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM), Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan Pelayanan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Entrop, Kota Jayapura.

Wakapolresta Jayapura Kota,  AKBP Deni Herdiana, mengatakan bagi masyarakat Kota Jayapura yang membutuhkan pelayanan dari Kepolisian untuk keperluan SIM, SKBN, SKCK dan SPKT silahkan mengunjungi Mal Pelayanan Publik di Terminal Tipe A Entrop, Polresta Jayapura Kota siap melayani seluruh warga Kota Jayapura.

“Jadi, keempat pelayanan ini dibuka sesuai dengan jam operasional Mal Pelayanan Publik dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore,” kata Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Deni Herdiana, saat menghadiri peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) oleh Menteri PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Republik Indonesia H. Abdullah Azwar Anas, di Terminal Tipe A Entrop, Kota Jayapura, Papua, Jumat (19/5/2023).

Sementara itu, Pj Walikota Jayapura, Frans Pekey, menjelaskan berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009, Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan, singkatnya Pelayanan Publik ini disediakan oleh Penyelenggara Pelayanan Publik.

“Berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor  89 Tahun 2021 serta Peraturan Menteri PAN-RB RI Nomor 23 Tahun 2017, maka Satuan Pemerintah wajib menyediakan Pelayanan Publik yang representatif dan terpusat,” terang Frans Pekey.

Dikatakan, Mal Pelayanan Publik ini bertujuan untuk memberikan akses yang begitu mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dan menyediakan fasilitas yang lengkap serta modern demi menunjang kepuasan publik terhadap pelayanan yang di disediakan oleh Pemerintah.

Menteri PAN-RB beroptimis Papua bisa membuat perubahan dengan memulainya dari Kota Jayapura.

“Mal Pelayanan Publik merupakan bukti bahwa pelayanan yang selama ini kita laksanakan di Kantor dapat berada dalam satu tempat dengan beragam pelayanan yang tersedia,” ujar Menteri PAN-RB.

Dirinya juga menambahkan peresmian Mal Pelayanan Publik sudah sebanyak 125 dari 45% Mal Pelayanan Publik yang berada di luar Pulau Jawa yang semakin menunjukan Indonesia Sentris sesuai Program Bapak Presiden RI, bukan hanya soal Infrastruktur namun juga Pelayanan Publik.

“Kita termasuk 5 Negara yang masuk di G-20 dengan pertumbuhan ekonomi terbaik dan inflasi terbaik yang menunjukan bukti bahwa ekonomi Indonesia baik karena ditopang ekonomi dari berbagai daerah,” pungkasnya.

VER

as

as