as
as

Ngaku Prihatin Kondisi Kantor KPU PBD, Musa’ad Janji Jumat Anggaran Cair

Pj Gub PBD Tinjau kantor KPU PBD
Pj Gubernur PBD Muhammad Musa’ad saat mendatangi kantor KPU setempat yang berlokasi di jalan Sorong - Makbon, Km 12 Kota Sorong, Rabu (12/7/2023) pagi / Foto : KENN

Koreri.com, Sorong – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya (PBD) Muhammad Musa’ad mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang berlokasi di jalan Sorong – Makbon, Km 12 Kota Sorong, Rabu (12/7/2023) pagi.

Kehadirannya guna mengecek langsung kondisi kantor lembaga penyelenggara Pemilu tersebut sekaligus aktivitas pelayanan yang dilakukan.

Sekedar info, KPU PBD masih berkantor sementara di kantor KPU Kota Sorong.

“Saya sengaja datang mau melihat ke KPU karena KPU ini adalah salah satu institusi yang sangat strategis sehingga dapat mengawal proses demokrasi kita. Dan ini sudah masuk tahapan-tahapan pemilu. Saya harus pastikan sebagai kepala daerah, sebagai wakil pemerintah pusat yang ada di daerah juga, harus memastikan bahwa teman-teman di sini bekerja dalam suasana yang nyaman. Sehingga dengan begitu kinerjanya bisa optimal,” ungkapnya kepada awak media, disela-sela kunjungannya, Rabu (12/7/2023).

Musa’ad tak menampik jika kondisi yang ditemui masih sangat memprihatinkan.

“Saya lihat masih sangat memprihatinkan maka kita harapkan dalam waktu yang singkat, teman-teman sudah bisa mendapatkan tempat yang lebih baik,” janjinya.

Musa’ad juga memastikan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi PBD.

“Saya sudah telepon juga Kepala Badan Keuangan. Diharapkan Jumat besok sudah kita cairkan, prosesnya sudah jalan dan begitu juga sudah ada tempat yang diberikan untuk tempat-tempat KPU. Saya juga minta pak Asisten I untuk fasilitasi supaya tempat itu bisa segera dimanfaatkan oleh teman-teman KPU. Mereka juga minta untuk diberikan biaya operasional, mobil,” tandasnya

Intinya, harap Pj Gubernur Musa’ad, semua tahapan, semua proses KPU yang dilaksanakan di PBD ini harus berjalan lancar, efektif dan sukses.

Pj Gub PBD Kantor KPU PBD2
Foto bersama Pj Gubernur PBD Muhammad Musa’ad / Foto : KENN

“Jadi ini tanggung jawab semua, bukan tanggung jawab KPU saja tapi tanggung jawab Pemerintah termasuk Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya. Jadi kita akan bahu-membahu, kita akan rekap KPU di Provinsi Papua Barat Daya untuk bisa bekerja nyaman dan efektif sehingga bisa menghasilkan hasil yang optimal,” harapnya.

Terkait usulan KPU PBD sebesar 3 Miliar telah di respon langsung Pj Gubernur PBD.

“Sudah, mudah-mudahan Jumat nanti sudah bisa diproses. Kemarin Sekretaris sudah menandatangani NPHD-nya jadi sekarang dalam proses pencairan. Kita harapkan Jumat sudah diproses supaya teman-teman bisa manfaatkan itu untuk menunjang kegiatan-kegiatan sehari-hari yang harus dipenuhi,” pungkasnya.

Gerak cepat Pj Gubernur PBD tersebut langsung disambut positif Ketua KPU PBD Andarias Daniel Kambu.

“Saya atas nama Ketua KPU Provinsi Papua Barat Daya sangat berterima kasih kepada Penjabat Gubernur atas kunjungan di hari ini. Beliau berkunjung ke kantor kami, beliau melihat dan menyaksikan kondisi kantor kami yang sementara menumpang di KPU Kota Sorong yang kurang lengkap. Dan beliau sudah respon baik sekali untuk siap mendukung kami dari sisi infrastruktur dan sisi dukungan-dukungan sehingga tahapan penyelenggaraan pemilu bisa berjalan baik,” ucapnya kepada awak media, Rabu (12/7/2023).

Diakui Kambu, Pj Gubernur juga sudah sampaikan ke pihaknya bahwa waktunya sudah pasti hari Jumat sudah bisa disalurkan ke rekening KPU PBD.

“Jadi, hari Jumat nanti kami sudah bisa pastikan kantor kami yang layak sehingga kita bertugas juga enak dalam melayani tahapan Pemilu dan peserta pemilu. Kita sudah lihat ada beberapa kantor yang menjadi target. Yang penting kita menunggu hibah dari Pemda masuk, kita segera lakukan kontak dengan pihak pemilik,“ pungkasnya.

KENN

as

as