as
as

Tak Tolak Tabi, Legislator Minta Dahulukan Pemekaran 3 Wilayah Lainnya

IMG 20191016 101210

Koreri.com, Jayapura – Anggota Komisi IV DPR Papua jalur Pengangkatan dari Daerah Pemilihan Saireri wilayah Membramo Raya Yotam Bilasi menegaskan tak menolak upaya pemekaran Provinsi Tabi.

Hanya saja, ia meminta Pemerintah mendahulukan pemekaran 3 wilayah menjadi Kabupaten terlebih dahulu Grimenawa (Kabupaten Jayapura), Bonggo (Sarmi Timur) dan Lembah Rofaer (Mamberamo Raya).

“Kalau tiga wilayah ini sudah dimekarkan, barulah kita berbicara soal pemekaran Provinsi Tabi,” tegas Yotam, Selasa (15/10/2019).

Untuk berbicara pemekaran Provinsi Tabi, maka seluruh intelektual asala wilayah adat tersebut harus duduk bersama-sama.

Bahkan DPR Papua maupun DPRD yang perwakilan dari daerah masing-masing harus diundangkan untuk membicarakannya.

“Karena berbicara wilayah Tabi bukan hanya Port Numbay saja, sehingga jangan hanya satu dua orang saja yang duduk bicara soal pemekaran Tabi jadi satu Provinsi. Menurut saya untuk berbicara soal pemekaran satu provinsi ini banyak hal yang harus diselesaikan seperti pemekaran 3 wilayah yang saya sebutkan diatas tadi,” cetusnya.

Yotam mencontohkan ancaman Grimenawa, yang jika tidak dimekarkan menjadi Kabupaten maka mereka akan bergabung dengan Yalimo.

“Kemudian pada Pileg kemarin, anak-anak Jayapura yang maju banyak tidak lolos. Bahkan menurut saya, Kota dan Kabupaten Jayapura anak-anak asli tidak diutamakan. Jangankan itu, untuk menjadi honorer saja tidak di pakai. Sebenarnya ini kepentingan siapa kita berbicara pemekaran Provinsi Tabi,” herannya.

Diakui Yotam, berbicara tentang Provinsi Tabi tidak ada masalah,

“Dan ini bukan saya batasi, tetapi ini sebagai masukan kepada tokoh-tokoh pejuang yang berbicara masalah pemekaran Provinsi Tabi” tegasnya.

Hal-hal seperti ini yang menurutnya sangat penting dan harus diperhatikan.

“Dan kalaupun kedepannya provinsi ini sudah dimekarkan, siapa yang mau bekerja? Jangan sampai hari ini orang memanfaatkan masyarakat untuk berbicara tentang pemekaran Provinsi Tabi tapi didalamnya orang lain yang duduk,” pungkasnya.

VMT

as