Pemda Teluk Bintuni dan BPJS Kesehatan Teken Rencana Kerja Tahun 2023

Koreri.com, Bintuni– Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari menandatangani rencana kerja Tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Sasana Karya, Kantor Bupati, Selasa (15/11/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,M.T mengapresiasi pihak BPJS Kesehatan yang sudah melakukan audensi, diharapkan kiranya mejadi upaya bersama dalam memperkuat komitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten ini.

“Besar harapan saya, kiranya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Teluk Bintuni dapat tercapai secara optimal dan maksimal melalui komitmen kerjasama pemerintah daerah dan BPJS Kantor Cabang Manokwari,” ucap Bupati Kasihiw dalam sambutannya.

Dalam rangka melindungi dan memastikan kesehatan masyarakat, maka Pemerintah Republik Indonesia melalui BPJS Kesehatan meluncurkan program JKN/KIS, agar dapat  memenuhi kebutuhan hidup dasar dengan layak. Kaarena JKN memiliki multi manfaat yang komprehensif dan paripurna baik secara medis maupun non medis melalui mekanisme asuransi kesehatan sosial.

“Hari ini kita semua telah menyaksikan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari menandatangani Rencana Kerja Tahun 2023,  UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta merupakan perlindungan cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional di suatu daerah yang minimal 95% dari total jumlah penduduknya mengakses pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan diri menjadi peserta JKN,” ujarnya.

“Pada tahun 2017 lalu, saya telah menandatangani MoU Cakupan Kesehatan Semesta (UHC) bersama BPJS Kesehaan Kabupaten Teluk Bintuni sebagai wujud komitmen pemerintah daerah unuk menghadirkan pelayanan atas hak dasar setiap warga negara khususnya masyarakat Teluk Bintuni. Lima tahun kemudian, tepat pada hari ini Kabupaten Teluk Bintuni akhirnya menerima piagam dan plakat Universal Health Coverage,” jelas Bupati Teluk Bintuni.

Adapun capaian UHC yang baik ini perlu didukung dengan pelayanan kesehatan yang baik juga. Oleh karenanya saya mengajak seluruh satuan pelayanan kesehatan di kota hingga di kampung- kampung untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat karena kesehatan merupakan dasar dari berjalannya seluruh pelayanan masyarakat di daerah ini.

“Cita-cita pembangunan daerah ini dapat kita capai bersama jika masyarakat kita sehat. Oleh sebab itu, besar harapan saya agar penghargaan UHC ini dapat menjadi semangat dan memberi dorongan motivasi untuk mewujudkan komitmen serta menjadi penggerak dalam meningkatkan keberhasilan implementasi program JKN/KIS yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing menuju Indonesia yang Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat. ” pungkas Bupati.

KENN