as
as

Kick Off STC 2023 Dihadiri Pimpinan-Anggota DPRD Biak hingga Warga Masyarakat

IMG 20230320 WA0000
Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd saat momen Kick Off Sail Teluk Cendrawasih 2023 yang dirangkaikan dengan peringatan 4 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor bertempat di Hanggar Lanud Manuhua, Kamis (16/3/2023) / Foto : HDK

Koreri.com, Biak – Kick Off Sail Teluk Cendrawasih (STC) 2023 yang dirangkaikan dengan 4 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor resmi berlangsung di Hanggar Lanud Manuhua Biak, Kamis (16/3/2023).

Acara pembukaan dihadiri Wakil Ketua Anetha Kbarek didampingi sejumlah anggota DPRD Biak hingga ribuan warga masyarakat setempat.

Kick Off diawali giat Festival Budaya Biak 2023 dengan mengangkat sejumlah tradisi peninggalan kekayaan budaya leluhur masyarakat asli Biak ini dilaksanakan 6 – 20 Maret 2023 di Hanggar Lanud Manuhua dan beberapa titik lokasi lain yang telah diagendakan.

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, bahwa Festival Budaya Biak yang digelar ini juga menjadi rangkaian atau awal dari Kick Off atau menandai dimulainya pelaksanaan STC 2023.

Puncak STC Papua akan dilaksanakan pada awal November 2023 dan rencananya dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan jajaran anggota kabinetnya.

Dengan Kick Off dimaksud, maka segala persiapan sudah mulai dilaksanakan termasuk pembangunan infrastruktur di pusat-pusat pelaksanaan segera dikerjakan.

Adapun beberapa kegiatan yang akan ditampilkan dalam Festival Budaya Biak ini yakni berjalan di atas batu yang di bakar tanpa menggunakan alas kaki (Apen Beyeren), memanggil kuskus dan ular keluar dari hutan, memanggil ular laut atau moni-moni, kuliner, pameran UMKM dan sejumlah kegiatan lainnya.

Event ini tentunya akan menjadi agenda tahunan yang akan terus diperbaiki kemasannya, dengan tujuan tidak hanya sebagai pelestarian budaya asli Biak, namun tentunya juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang bisa dijual secara besar-besaran.

Kick Off STC Biak 2023
Pimpinan – Anggota DPRD Biak saat hadir pada momen Kick Off Sail Teluk Cendrawasih 2023 (atas) bersama ribuan warga setempat bertempat di Hanggar Lanud Manuhua, Kamis (16/3/2023) / Foto : HDK

Bupati mengatakan selain kegiatan Kick Off STC 2023, juga dirangkaikan dengan 4 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Biak Numfor.

“Tidak terasa 3 hari lagi tepat 4 tahun saya dilantik menjadi Bupati Biak Numfor sejak 19-03-2019.

Kami menyadari banyak hal yang belum kami lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan tetapi juga apa yang menjadi pergumulan masyarakat, tetapi tidak mengurangi semangat kita untuk terus bergotong royong bergandengan tangan untuk mewujudkan Biak Numfor yang religius berkarakter dan berbudaya sebagai sumbu pertumbuhan yang berdaya saing di wilayah ini, Saireri dan Tanah Papua,” ungkapnya.

Ditambahkan, atas nama Bupati dan Wakil Bupati Herry menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas dukungan selama perjalanan memimpin Kabupaten Biak Numfor.

“Tidak ada kata terlambat, mari kita wujudkan gotong royong, Kalau kita solid bergerak bersama-sama maka kita wujudkan perubahan di Kabupaten Biak Numfor karena torang memang hebat,” tandasnya.

Hadir di kegiatan ini, Wabup Calvin Mansnembra, Forkopimda, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri Biak, Wakil ketua dan segenap anggota DPRD Biak, pimpinan TNI, Kakanwil Hukum dan HAM wilayah Papua, pejabat dari Kemenkomarves, dan beberapa kementerian lainnya, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, pimpinan instansi vertikal, BUMD, Plt. Sekda, para Asisten, Staf Ahli, Staf Khusus, seluruh pejabat eselon empat, seluruh tamu undangan yang berkenan hadir.

HDK

as

as