as
as

Satlantas Polresta Manokwari Sosialisasi Tertib Lalin Dimulai dari Usia Dini

IMG 20230807 WA0158

Koreri.com, Manokwari– Satuan Lalu lintas Polresta Manokwari, Polda Papua Barat mulai menanamkan tertib berlalu lintas kepada anak-anak usia dini, dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada pelajar di TK Negeri Pembina Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Senin (7/8/2023).

Kegiatan sosialisasi yang lebih dititik beratkan pada pentingnya tertib terkait dengan sadar lalu lintas untuk anak usia dini (SALUD) ini dipimpin AIPDA Fadli Ohoimas bersama AIPDA June L.Ukru dan Bripda Diah Yumthe.

Materi yang diberikan kepada anak usia dini ini terkait perkenalan rambu lalu lintas yang biasa ditemui di jalan termasuk fungsi dari rambu lalu lintas sehingga anak dapat menjadi pengingat bagi orang tua ketika mengendarai kendaraan di jalan raya, juga diperkenalkan Traffic light (alat pemberi isyarat lampu) mereka mengetahui jenis warna dan kegunaan.

Personil satlantas Polresta Manokwari juga memperkenalkan penggunaan helm bagi anak termasuk kegunaan dari helm sehingga anak menjadi gemar dalam menggunakan helm sejak usia dini, memperingatkan setiap anak agar mereka tidak bermain di tepi jalan mengingat jalan raya adalah tempat yang berbahaya dan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Manokwari IPTU Subhan Ohoimas,S.H mengatakan, program membentuk karaktek anak usia dini yang disiplin, mandiri, memiliki etika dan budaya tertib lalu lintas harus betul dilaksanakan mengingat pembentukan karakter ini sangatlah mudah dibetuk sejak usia dini.

Subhan juga mengatakan karakter anak cinta tertib lalu lintas hanya dapat dilaksanakan dengan upaya penjelasan atau sosialisasi membangun sebuah kesadaran akan pentingnya tertib lalu lintas serta bahaya yang ditimbulkan jika di jalan raya tidak ada kesadaran berlalu lintas.

“Anak adalah aset bangsa yang harus dibentuk karakternya sehingga mereka akan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di masa yang akan datang,” ujarnya.

RLS

as

as