as
as

Pesan Kapolda Kepada Kapolres Yahukimo: Atasi KKB dan Amankan Pemilu 2024

WhatsApp Image 2023 09 08 at 20.37.15
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK / Foto: Humas Polda Papua

Koreri.com, Jayapura – Polda Papua telah melakukan serah terima jabatan Kapolres Yahukimo dan Mamberamo Tengah di Aula Rastra Samara Polda Papua Lama Kota Jayapura, Jumat (8/9/2023).

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, mengatakan pergantian atau serah terima jabatan Kapolres Yahukimo dan Mamberamo Tengah untuk menjaga keamanan selama pemilu 2024.

as

Untuk Polres Yahukimo, kata Kapolda, permasalahan serius yang perlu segera ditangani.

“Polres Yahukimo sudah beberapa kali menghadapi berbagai kasus kekerasan, termasuk aksi bersenjata yang dilakukan oleh kelompok KKB. Kapolres sebelumnya telah berupaya maksimal, tetapi kami perlu penyegaran dalam pendekatan masyarakat,” ujar Kapolda.

Kapolda menggarisbawahi urgensi serah terima jabatan yang cepat, mengingat Pemilu 2024 akan segera berlangsung.

“Bulan Oktober sudah mulai terasa panas, khususnya dengan Pemilu yang harus berjalan dengan baik. Kapolres Yahukimo akan digantikan oleh AKBP Heru Hidayanto, dan kami berharap dirinya bisa segera menyesuaikan dengan situasi dan melaksanakan kebijakan kami untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Yahukimo,” ujar Kapolda.

Jenderal Mathius Fakhiri memberikan instruksi kepada Kapolres baru untuk segera turun ke masyarakat, mengungkap kasus-kasus yang belum terselesaikan, dan memastikan bahwa situasi aman di wilayahnya.

“Tim dari Polda Papua akan mengawasi pelaksanaan tugas Kapolres baru dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Kapolda Papua juga mengklarifikasi bahwa tidak ada pengungsian yang berlangsung di Yahukimo, hanya masyarakat yang mengamankan diri mereka sendiri ke rumah masyarakat.

“Saya pastikan bahwa Polres akan mengawasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah serta pihak terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Yahukimo,” pungkasnya.

RLS

as